>Photobucket

Selasa, 11 Februari 2014

Tips bakar Lemak

Membakar Lemak Lebih Banyak dalam 1 Hari

Sumber : 

Tanpa memandang gender dan usia, semua orang pasti ingin hidup sehat dengan bentuk tubuh ideal bebas lemak.
membakar lemak lebih banyak Membakar Lemak Lebih Banyak dalam 1 HariMembakar Lemak Lebih Banyak dalam 1 Hari
Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan tubuh ideal. Salah satunya dengan cara meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Baik melalui pola makan dan latihan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Berikut ini panduan untuk membakar lemak lebih banyak dalam 1 hari yang bisa Anda coba mulai bangun tidur hingga menjelang tidur di malam hari:

Setelah Bangun Tidur

Minum 1-2 gelas air putih atau 1 cangkir kopi
Tubuh Anda telah berpuasa dari makan dan minum saat tidur. Minum beberapa gelas air penting agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan lambung, minumlah secangkir kopi. Kandungan kafein kopi dapat membantu memaksimalkan pembakaran lemak.
Kardio sebelum Sarapan
Ketika latihan kardio dengan perut kosong tubuh akan cenderung menggunakan lemak sebagai sumber energi karena glikogen telah habis setelah Anda tidur 8 jam. Segeralah sarapan setelah latihan.
Telur untuk Sarapan
Ambil 3 butir telur untuk menu sarapan dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur. Putih telur kaya akan protein sebagai bahan baku pembentuk otot. Telur juga mengandung lecithin untuk membantu produksi hormon pertumbuhan (testosteron). Anda juga bisa menambahkan nasi merah atau roti gandum sebagai sumber karbohidrat. Sayuran dan buah-buahan juga penting sebagai sumber vitamin dan mineral.

Menjelang Siang

Snack Menjelang Makan Siang
2-3 jam setelah sarapan tubuh Anda membutuhkan camilan agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Ada berbagai camilan sehat yang bisa Anda nikmati sambil bekerja seperti, kacang tanah, yogurt, almond, pisang, selai kacang dan masih banyak lagi.
Makan Siang
Pilih menu makan siang yang mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitmain dan mineral bagi tubuh Anda. Sumber karbohidrat bisa Anda dapatkan pada nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oatmeal, ubi jalar, dan lainnya.
Sumber protein bisa Anda dapatkan pada daging bebas lemak, dada ayam, salmon, ikan, kedelai beserta olahannya dan masih banyak lagi.
Tambahkan sayuran dan buah-buahan segar seperti; bayam, brokoli, bunga kol, sawi, pisang, jeruk, apel, melon untuk menyuplai tubuh Anda dengan berbagai vitamin dan mineral yang menunjang pembakaran lemak tubuh.

Sore Hari Menjelang Latihan

Gunakan suplemen pembakar lemak sebelum latihan
Suplemen pembakar lemak akan membantu memaksimalkan pembakaran lemak saat berolahraga. Lengkapi dengan asupan karbohidrat dan protein sebagai sumber energi 30-60 menit sebelum latihan dimulai.
Lakukan Pemanasan
Dengan melakukan pemanasan ringan sebelum latihan utama, Anda berpeluang membakar 150 kalori ekstra.
Latihan Beban
Latih otot-otot besar Anda terlebih dahulu. Otot-otot besar meliputi otot dada, punggung, perut. Lebih banyak otot yang dilatih lebih banyak kalori yang akan dibakar.
Gunakan Beban yang Berat
Tubuh lebih bereaksi dengan beban yang berat. So, gunakan beban yang berat atau sekitar 60-70 persen dari beban total yang bisa Anda angkat, dalam repetisi singkat antara 8-10 repetisi.
Jangan Terlalu Lama Istirahat
Jeda istirahat sebaiknya tidak terlalu lama karena jeda istirahat terlalu lama akan mengurangi pembakaran kalori dan intensitas latihan. Cukup 30-60 detik antar set.
Akhiri dengan Kardio
Agar pembakaran lemak di tubuh Anda mencapai puncaknya, akhiri sesi latihan beban dengan latihan kardio intensitas sedang selama 15-20 menit.
Nutrisi Setelah Latihan
Usai latihan gula darah akan menurun dan tubuh membutuhkan nutrisi penunjang untuk proses pemulihan. Karbohidrat dan protein tetap menjadi dua nutrisi penting yang harus Anda asup setelah latihan. Bedanya kali ini karbohidrat dan protein yang Anda butuhkan adalah karbohidrat dan protein cepat serap (simple).
Karbohidrat dan protein setelah latihan berguna untuk memperbaiki jaringan otot, mengisi kembali cadangan glikogen otot, mengganti cadangan gula yang hilang dan mencegah nyeri otot.
Berikut ini makanan yang berguna memaksimalkan proses pemulihan tubuh pasca latihan
  • Protein shakes
  • Selai kacang
  • Pisang
  • Jus buah segar
  • Yogurt
  • Smoothies
  • Dan berbagai buah dan sayuran segar
Selain itu, agar tubuh tetap terhidrasi minumlah sedikitnya 3 gelas air putih setelah latihan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama latihan.

Nutrisi di Malam Hari

Makan Malam
Banyak yang menghindari makan malam ketika ingin membakar lemak untuk menurunkan berat badan. Padahal makan malam penting untuk mendukung proses pemulihan setelah latihan dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh menjelang puasa 8 jam saat tidur.
Pilih menu makan malam bebas karbohidrat seperti; salmon yang diperkaya Omega-3 sebagai salah satu nutrisi penting untuk membakar lemak. Tambahkan pula sayuran segar seperti brokoli yang kaya akan vitamin C dan chromium agar Anda senantiasa kenyang.
Menjelang Tidur
Sebelum tidur minumlah susu protein (whey protein atau casein protein) untuk membantu perkembangan massa otot saat tidur, karena otot akan tumbuh maksimal saat kita tidur di malam hari.
Anda juga bisa menambahkan suplementasi melatonin agar bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Tidur nyenyak dan berkualitas adalah salah satu kunci sukses untuk membakar lemak lebih banyak dalam menurunkan berat badan.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar